Sambil Menyelam Minum Air == Cari Duit…

Ah… meskipun aku di sini udah kerja, tapi nggak ada salahnya kan nyoba2 cari duit tambahan. Emang sih kerja di sini nggak banyak dapetnya (kayanya semua orang bilang gitu deh ya…) tapi yang enak di sini tuh ada koneksi Internet yang sering bisa dipake kalo warnetnya lagi nggak 100% penuh plus akhir2 ini aku jarang dikasih kerjaan (programming). Jadi bisa bebas menjelajah dunia maya, belajar, dan bereksperimen…

Eksperimenku cari duit yang pertama duluuuu banget waktu SMA tuh bikin program bernama MidMaze, semacam Winamp. Dijual shareware seharga US $20, lumayan bisa dapet beberapa ratus ribu sampai lebih dari sejuta setelah beberapa bulan. Tapi akhirnya kandas juga, terlalu menyita waktu & tenaga apalagi pikiran.

Yang sudah berjalan kira2 setahun tuh masang banner Google AdSense di GaulDong. Emang sih nggak banyak, satu kali cek cair harus nunggu ngumpulin sen demi sen selama kira2 4 bulan, itupun pas ngecairin cek dipalak US$ 30 dulu ama Bank Mandiri. Ya nggak papa… yang penting dapet. GaulDong sendiri sudah beberapa kali terseok2, gara2 PHP 5 nggak jalan mulus padahal seluruh enginenya udah diupgrade pake PHP 5, akhirnya mbikin script dari awal pake PHP 4 yang sederhana, jadinya ya seperti yang ada sekarang ini. Tapi ternyata pengunjungnya masih ada aja, dan masih ada yang berbaik hati mau ngeklik bannernya Google AdSense. Saya amat bersyukur…

Dari situ saya mencoba untuk cari duit dengan cara lain tapi nggak jauh2 dari AdSense. Bikin blog… Yang saya seriusin sekarang adalah blog Web 2.0 with Ruby on Rails, tapi saya juga masang banner di semua blog saya yang lain termasuk blog pribadi ini dan blog Jejak Petualang Ubuntu. Bahkan (sssttt… rahasia lho) saya juga bikin blog yang isinya “menegangkan”… linknya untuk sementara nggak akan saya kasih langsung di sini tapi kalo mau tahu bisa didapetin dari Kaskus maupun BlueFame.

Selain Google AdSense, saya lagi mencoba pake Amazon.com Affiliate. Trus lagi mencoba advertising network yang lain seperti AdBrite (untuk topik umum) dan AVNads (untuk yang “menegangkan”). RSS feed telah saya ubah agar memakai FeedBurner, jadi pelanggannya bisa di-tracking (itupun kalo ada yang berlangganan, *sigh*).

Bila FeedBurner untuk tracking statistik RSS feed, untuk tracking website sendiri saya menggunakan Google Analytics. Ada juga sih yang lain yaitu CrazyEgg tapi kegunaannya sedikit berbeda dan CrazyEgg mempunyai keterbatasan kalo versi free-nya.

Ah… Segitu aja deh laporan saya kali ini… Nyari duit kaya gini 100% halal lho, nggak ada MLM-nya sama sekali… Dan yang paling penting, fun, nggak dikejar target… Saya ngeblog pun menulis topik2 yang saya suka. Kalo dapet duit ya Alhamdulillaah, kalo nggak dapet ya paling2 males ngeblog lagi hehehe… 😛 Kalo Anda belum mencoba dan pingin mencoba, monggo saja… Kalo Anda sudah mencoba dan dapat duit banyak, bagi2 dong tipsnya!!! 😉


Technorati :
Del.icio.us :
Ice Rocket :
Flickr :
Zooomr :
Buzznet :
Riya :
43 Things :

Like this article? Please share this article with others:

Free Promotion: Digg, Slashdot, Del.icio.us, Technorati, Furl, …

There are several ways you can promote your site or a page in your site for free, that may drive some traffic or maybe lots (if you’re lucky and the quality of your content is high), some of them are:

Note that in community-based services like Digg and Slashdot, you’ll most likely get negative results if you try to abuse it. As long as you stay within limits you’ll be loved by the community.

Like this article? Please share this article with others: